Logo4

Mama Malaka: Lezatnya Mee Goreng dan Golden Tahu Hoo Racikan Sang Mama

Hidangan persilangan Melayu dan China selalu memikat selera. Unik dan akrab di lidah. Seperti mie goreng yang pedas manis dan tahu goreng yang garing dan lembut gurih dalamnya. Dijamin makan siang lebih seru!

Tak hanya warung kopi atau kopitiam yang marak di Jakarta saat ini, namun juga restoran bermenu peranakan. Kuliner yang menggabungkan teknik dan bahan makanan China dengan citarasa lokal Melayu selalu memberi daya tarik. Seperti yang disajikan Mama Malaka.

Restoran yang sudah didirikan sejak tahun 1959 ini menawarkan atmosfir nyaman dengan dekorasi dominasi warna hijau dan putih. Mama Malaka mempunyai konsep restoran terbuka dengan dekorasi vintage yang membawa suasana nyaman.

Ditata dengan model bangunan gaya Melayu. Area makannya ditata dengan bangku dan meja kayu. Lampu dengan sangkar burung pun yang jadi ciri khas rumah China peranakan, tergantung cantik di langit-langit.

Seperti umumnya resto peranakan, menu yang ditawarkan cukup lengkap. Selain beragam sajian mie dan nasi, ada beragam menu sayuran, seafood serta berbagai es dan dessert. Menurut beberapa orang resto ini punya andalan Mama's Mee Goreng.

Karenanya kamipun mencoba Mama's Mee Goreng dan Golden Tahu Hoo. Seperti yang kami duga, Mama's Mee Goreng (Rp 38.000) hadir dengan porsi yang cukup royal. Warnanya kecokelatan dengan bercak kemerahan dari sambal menyelimuti mie hokkien. Ditaburi potongan daun kucai, bawang goreng, dan irisan cabai merah.

Tampilannya terlihat kering kurang menarik. Namun, saat diaduk-aduk ternyata bumbunya ada di bagian bawah. Agaknya mee goreng ini disajikan dengan gaya bun atau nyemek. Mienya terasa lentur lembut, dengan jejak kecap manis dengan sedikit sentuhan rasa cabai yang pedas.

Hmm.. rupanya isian mie goreng ini komplet. Ada potongan daging ayam, udang, telur dan tauge segar. Udangnya renyah kenyal dan rasa manis sangat lezat berpadu dengan lembutnya mie dan renyahnya tauge segar. Sebuah kolaborasi rasa yang cantik!

Belum mencicipi Golden Tau Hoo (Rp 45.000). kami sudah tergiur dengan penampilan hidangan ini, Satu balok tahu dengan permukaan cokelat garing disiramisaus tauco dengan isian ayam dan potongan wortel. Dilengkapi tabiuran teri goreng kering dan potongan daun bawang.

Krenyes garing bagian luar tahunya dan sangat lembut di bagian dalam. Proses deep frying yang sempurna. Isian ayam dan wortel yang royal. Sayangnya wortel terlalu lembek. Sebaliknya, tekstur lembut tahu sangat serasi berpadu dengan teri goreng renyah asin.

Ternyata, ketika mengecek dafatr menu lagi, kami menemukan hidangan spesial yang lain dari restoran ini. Seperti ayam goreng terasi dan ikan belah belakang. Wah, sepertinya kami harus kembali lagi karena perut sudah terlanjur kenyang kali ini!

Mama Malaka
Grand Indonesia, 3rd A Fl
Jl. M.H. Thamrin No. 1
Jakarta Pusat
Telpon : (021) 23581061