Logo4
Def_img2

Gule Kepala Ikan Mas Agus

Kategori :
Kuliner, Restoran
Alamat :
Jl. KH Wahid Hasyim 8B Menteng, jakarta Pusat
Foto Lainnya :
Mbbmasagusctt
Detail :
warung sederhana di kawasan Purwosari. Warung itu sendiri baru buka beberapa minggu sebelumnya, tetapi sudah ramai dikunjungi tamu.

Hidangannya pun sangat sederhana, yaitu gule kepala ikan. Tetapi, bukan hanya kepalanya yang disajikan, melainkan lengkap dengan tulangnya seekor utuh. Sisa-sisa daging masih menempel cukup tebal pada tulang-tulangnya. Bila melihat bentuknya, kita akan segera sadar bahwa ini adalah sisa karkas ikan setelah fillet (daging)nya diambil.

Ternyata, memang demikianlah adanya. Kepala dan tulang ikan nila-kakap ini sebenarnya adalah sisa dari sebuah pabrik pengolah ikan. Fillet-nya diekspor ke Prancis dalam bentuk beku, sedangkan sisanya dibekukan dan kemudian dikirim ke warung-warungnya Mas Agus ini.

Oleh Mas Agus, kepala dan tulang ikan ini kemudian dimasak dengan bumbu gule. Harus diakui, gule Mas Agus ini patut diacungi jempol. Wangi dan sangat gurih. Wanginya dihasilkan oleh daun kemangi yang dimasak bersama kuah gule. Sekalipun daun kari atau salam koja akan menghasilkan aroma yang lebih cantik, tetapi kemangi pun cocok sebagai finishing touch gule gurih ini (Rp 19 ribu).

Gule Kepala Ikan Mas Agus

Tips (0 Tips)


Tampilkan Komentar di:        
    Berita Terkait