Logo4
Def_img2

Dapur Solo Ny. Swan

Kategori :
Kuliner, Indonesia
Alamat :
Danau Sunter Utara R-36 (Seberang Sunter Mall)
Foto Lainnya :
245
Detail :
Tak sulit menemukan lokasi resto yang ada di jalan Danau Sunter Utara ini. Karena berada di deretan ruko yang cukup ramai dan situasi di depan resto yang nyaris tak pernah sepi. Maklum saja, di bagian atas resto yang berlantai dua ini ada tempat senam Female Gym, resto Barat 7 times dan tempat pijat refleksi.

Meskipun sudah lewat jam makan, resto tampak ramai dikunjungi pelanggan. Di bagian depan, tercium aroma wangi serabi yang sedang dimatangkan di atas api arang. Resto ini tidak didekorasi dengan ornament Jawa etnik tetapi justru dengan gaya ringan modern. Sentuhan warna cokelat, hitam dihidupkan dengan goresan warna oranye yang menggairahkan.

Menu nasi komplet menjadi andalan resto yang diracik langsung oleh Ny. Swandani, sang pemilik yang asli Solo. Nasi plus lauk-pauk komplet memang gaya ‘one dish meal’ Jawa yang unik. Nasi yang hambar dipadu dengan lauk yang gurih, manis, pedas plus renyah dan segar.

Mau nasi pecel, nasi langgi, nasi gudeg, nasi urap, atau nasi urap. Lauk khas lainnya ada lontong cap go meh, selat Solo, sop buntut dan satai ayam. Karena kangen nasi maka pilihan pun jatuh ke nasi langgi dan selat Solo sebagai pembuka. Suasana resto nyaris tak pernah sepi, pelanggan yang datang silih berganti baik yang dimakan di tempat atau dibawa pulang.

Khusus untuk nasi langgi ada pilihan nasi putih atau nasi kuning. Nasi langgi kuning disajikan dengan tatanan yang cantik, nasi kuning dibentuk kerucut mungil dikelilingi lauk-pauknya. Ada ayam goreng kuning ¼ ekor, sambal goreng kentang hati, kering kentang, suwiran daging sapi bumbu terik, sambal, timun dan kemangi, abon sapi dan irisan telur dadar.

Racikan lauknya memang komplit, seperti lazimnya nasi langgi di Jawa. Suapan pertama nasi kuningnya terasa empuk, gurih tanpa minyak dengana roma kunyit dan serai yang wangi. Kering kentangnya renyah manis dan garing. Demikian juga dengan ayam goreng yang gurih empuk dan hangat. Beragam rasa yang beradu dalam racikan ini memang bikin mulut tak bisa berhenti mengunyah. Sedep tenan!

Selat Solo yang sebenarnya merupakan racikan salad justru saya nikmati terakhir. Isinya juga komplet. Potongan wortel, buncis, kentang dan tomat disusun rapi mengelilingi piring. Di lengkapi dengan daun selada, irisan acar bawang merah dan timun plus irisan kentang goreng. Di bagian tengah ditaruh irisan daging semur plus telur pindang berikut guyuran kuah semur yang cokelat.

Saus mustard atau mosterd yang menjadi ciri unik selada dari Solo ini juga diselipkan di bagian tengah. Rasa renyah segar sayuran beradu dengan gurih-gurih manis daging semur sapi yang empuk. Kalau di tempat lain dipakai telur rebus maka Ny. Swan memakai telur pindang yang lebih kenyal enak sebagai pelengkap. Hmm..rasanya segar, renyah dan gurih!



Dapur Solo Ny. Swan

Tips (0 Tips)


Tampilkan Komentar di:        
    Alamat serupa lainnya
  • Def_img2
    Jl. Kelapa Gading Boulevard No. 3
  • Def_img2
    Jl. Cikajang No. 13 Kebayoran Baru
  • Def_img2
    Jl. Sungai Sambas 6 B3 No.189 (Kawasan Blok M) Kebayoran Baru Jakarta Selatan
    Jika Anda penggemar hidangan Jawa, restoran yang satu ini bakal cocok dengan lidah Anda. Ada berbagai jenis ma
  • Def_img2
    Bellagio Boutique Mall Tower. A OL 2 Unit. 1-2 Jl. Lingkar Mega Kuningan
  • Def_img2
    Gedung Setiabudi I Lt. 1 Unit. A 202B Jl. HR. Rasuna Said Kav. 62